Tips Memperbaiki Modem Yang Tidak Terdeteksi di Laptop Dan Komputer

modem tidak terdeteksi biasanya diakibatkan oleh pelepasan modem secara langsung atau dikarenakan infeksi dari virus. saat kita selesai browsing internet, biasanya kita akan melakukan Disconnect pada modem kita dan meelepasnya
langsung dari USB komputer dan laptop kita tanpa menggunakan mode pelepasan aman di bagian menu kanan bawah windows kita. nah, hal inilah yang menyebabkan modem tersebut error.Untuk itu artikel kali ini akan membahas bagaimana memperbaiki modem yang tidak terdeteksi oleh komputer dan laptop.Berikut adalah tipsnya:
1. lepas modem dari USB, lalu lakukan uninstall pada program aplikasi modem tersebut. setelah dilepas. matikan komputer atau laptop kamu, setelah itu nyalakan kembali komputer atau laptop kamu. install kembali aplikasi standar bawaan modem tersebut. setelah itu, uji kembali modem kamu, apakah sudah bisa connect ke internet? jika belum kita lanjutkan cara yang kedua.
2.pertama, klik kanan pada icon my computer yang ada di desktop, atau buka control panel windows kamu, pilih device manager jika membuka setting melalui control panel. untuk icon my computer, pilih properties, di bagian system windows 7 kita, pilih device manager(biasanya ada di menu sebelah kiri properti windows). setelah device manager terbuka, cek nama modem kamu, biasanya ada di bagian hardware modem atau network adapters.
jika sudah ketemu, lihatlah gambar modem tersebut, jika memang ada masalah biasanya akan muncul tanda seru( ! ) di bagian gambar tersebut. itu menandakan kalau modem tersebut tidak terdeteksi atau bermasalah. bisa juga modem tersebut tidak menemukan driver yang tepat sehingga menyebabkan error.
klik kanan pada modems atau network adapter kita, lalu, pilih “scan for hardware changes”. jika cara ini sudah bisa memperbaiki permasalahan tersebut. maka kita tidak perlu lagi melanjutkan perbaikan pada tahap selanjutnya. tapi jika modem tersebut masih error, klik kanan lagi pada modem atau network adapter yang masih error. kemudian pilih “Update Driver Software”. kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini. Browser my computer for driver software > browse > cari aplikasi modem kamu (biasanya terletak di lokal disk C bagian program Files). sebagai contoh, misalnya : Mobile Connect Modem Huawei (itu nama modem yang saya pakai).
setelah ditemukan, cari folder Drivers, kemudian cari folder bernama xp, atau jika ada folder wins7, maka pilih folder tersebut. setelah itu, klik tombol ok. kemudian klik tombol next untuk mulai melakukan pemasangan ulang driver modem kita. setelah pemasangan selesai, biasanya modem kamu akan kembali normal. tapi perlu kamu ingat, seperti yang saya katakan sebelumnya, memindahkan letak modem dari USB 1 ke slot USB 2 akan menyebabkan pendeteksian modem menjadi error. jadi saran saya, jangan pindahkan modem kamu ke slot USB yang lain. jika kamu sudah memasangnya di slot USB 1. pasanglah di slot USB 1. jangan pasang di slot USB 2 atau 3. karena akan mengakibatkan error lagi.
3. cara terakhir ini sebenarnya sangat simple. dan tentu saja ini jalan terakhir yang bisa kita lakukan untuk modem kita. kecuali, kamu paham dengan komponen yang ada di dalam modem tersebut. butuh keahlian khusus untuk memperbaiki komponen modem yang kita miliki. nah, jalan terakhir yang saya sebutkan adalah dengan cara melakukan format ulang (install ulang OS windows). dengan cara ini biasanya seluruh aplikasi termasuk modem yang error akan normal kembali, bahkan jika kita pasang di slot USB yang lain.
demikian pembahasan kita tentang cara memperbaiki modem yang tidak terdeteksi di laptop dan komputer.semoga bermanfaat.